Karam, Muatan Kapal Dijarah Warga

Karam, Muatan Kapal Dijarah Warga
Karam, Muatan Kapal Dijarah Warga
PONTIANAK - Kapal Layar Motor Rema Raksa Perkasa yang tenggelam di alur Sungai Kapuas Kamis (13/12) pagi, hingga Jumat (14/12) sore belum berhasil dievakuasi. Diperkirakan butuh waktu satu hingga dua bulan untuk bisa mengangkat kapal tersebut dan membawanya ke Pontianak.

 

Koordinator Pengamanan dan Penertiban Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pontianak Yasidi Bustam mengatakan, pihaknya sudah meminta pemilik kapal untuk segera mungkin melakukan pembongkaran dan penimbulan kapal. “Supaya tidak menganggu arus pelayaran,” jelasnya.

 

Kapal motor dengan panjang 45 meter dan lebar 12 meter tersebut tenggelam di tengah alur sungai Kapuas. Sebagian besar badan kapal tenggelam ke dasar sungai. Hanya bagian atas kapal yang masih terlihat. Namun tenggelamnya kapal yang membawa sekitar 600 ton muatan tersebut sejauh ini belum mengganggu alur pelayaran, baik dari dan menuju pelabuhan.

“Tidak mengganggu karena masih ada space (ruang). Kiri kanan masih ada celah di atas 80 meter. Jadi kapal-kapal masih bisa lewat,” kata Yasidi saat meninjau lokasi kejadian, Jumat sore.  Menurut Yasidi, kapal-kapal dengan ukuran 2.000 hingga 3.000 grosstonage masih bisa lewat tanpa gangguan.

 

PONTIANAK - Kapal Layar Motor Rema Raksa Perkasa yang tenggelam di alur Sungai Kapuas Kamis (13/12) pagi, hingga Jumat (14/12) sore belum berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News