Wacana Penyatuan Zona Waktu Dihentikan

Wacana Penyatuan Zona Waktu Dihentikan
Wacana Penyatuan Zona Waktu Dihentikan
JAKARTA - Wacana penyatuan tiga zona waktu di Indonesia akhirnya meredup. Ini terkait dengan dihentikannya pembahasan mengenai rencana yang awalnya diusung Menko Perekonomian Hatta Rajasa tersebut.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Lucky Eko Wuryanto mengatakan, penyatuan zona waktu dibatalkan karena kurangnya respons positif, baik dari jajaran pemerintah maupun masyarakat. "Tidak laku, banyak yang lebih penting (untuk dibahas)," ujarnya Rabu (30/1).

Sebagaimana diketahui, rencana penyatuan zona waktu mulai disuarakan Hatta Rajasa sejak Maret 2012 lalu. Tujuannya adalah meningkatkan produktifitas. Saat ini, Indonesia memang terdiri dari tiga zona waktu, yakni Waktu Indonesia Timur (WIT), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Akibatnya, ketika roda pemerintahan atau bisnis di WIT sudah bergerak pada pukul 07.00 WIT, di wilayah WIB masih pukul 05.00 WIB dan baru akan mulai bekerja dua jam kemudian. Sehingga, setidaknya ada waktu dua jam di mana WIB dan WIT tidak bisa berinteraksi.

JAKARTA - Wacana penyatuan tiga zona waktu di Indonesia akhirnya meredup. Ini terkait dengan dihentikannya pembahasan mengenai rencana yang awalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News