Harga Cabai Tembus Rp43 Ribu

Harga Cabai Tembus Rp43 Ribu
Harga Cabai Tembus Rp43 Ribu
BOGOR - Meski harga bawang putih dan merah turun, komoditas lainnya berangsur naik. Masyarakat kembali dibuat cemas dengan meroketnya harga jual cabai rawit. Harga cabai ini, sudah menembus Rp43 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp25 ribu/kg.

Sumi (32) salah satu pedagang bahan bumbu dapur di Pasar Baru Bogor mengatakan, para pedagang dan konsumen sempat diguncang harga bawang putih, yang tadinya Rp17 ribu/kg, tiba-tiba naik di harga Rp60 ribu/kg.

Namun, satu minggu ini harga bawang impor turun menjadi Rp30 ribu/kg, dan harga bawang lokal menjadi Rp20 ribu/kg. “Sekarang, kami dikejutkan kembali dengan harga cabai rawit yang sebelumnya Rp20 ribu/kg, kini sudah Rp43 ribu/kg. Kenaikan itu sudah dimulai dari tengkulak. Kata tengkulaknya, kenaikan harga cabai sudah terjadi di kalangan petani,” katanya kepada Radar Bogor (Grup JPNN), Senin (25/3).

Dengan mahalnya harga cabai rawit saat ini, ibu tiga anak ini hanya membeli cabai rawit dari tengkulak 4 kg untuk dua hari. Padahal, saat kondisi normal, dalam sehari dia membeli cabai rawit dari tengkulak mencapai 6 sampai 8 kg. “Semakin mahal harganya, omzet penjualan cabai rawit menurun antara 50 sampai 60 persen,” katanya.

BOGOR - Meski harga bawang putih dan merah turun, komoditas lainnya berangsur naik. Masyarakat kembali dibuat cemas dengan meroketnya harga jual

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News