Perlu 4.500 Kilometer Jalan Tol

Perlu 4.500 Kilometer Jalan Tol
Perlu 4.500 Kilometer Jalan Tol
JAKARTA - Pemerintah yakin pembangunan jalan tol di Tanah Air dapat menyerap investasi dan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pasalnya, sesuai Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) ada sekitar 4.500 kilometer jalan tol yang perlu dibangun.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengatakan besarnya peluang investasi dalam pengembangan jalan bebas hambatan di Indonesia membuka kesempatan bagi swasta untuk berpartisipasi. Meski terhambat pembebasan lahan, namun pihaknya yakin bisa diatasi dengan UU No 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum,"Peluang investasinya masih besar," ujarnya, Senin (25/3).

Indonesia memang sangat kekurangan jalan tol, setidaknya dalam MP3EI pemerintah sudah merencanakan pembangunan jalan tol mulai Trans Jawa, Trans Sumatera hingga ruas-ruas pendukungnya,"Proyek jalan tol sekitar 4.500 kilometer, mulai dari Trans Jawa, Trans Sumatera hingga ruas pendukungnya. Kita menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung itu," tambahnya

Meski begitu kenyataannya, pembangunan jalan tol menemui banyak kendala di lapangan. Sebagai contoh, proyek tol Trans Jawa sepanjang 615 kilometer, pembebesan lahannya baru mencapai 70 persen, sedangkan tahap kontruksi baru sekitar 10 persen. Padahal ditargetkan bisa beroperasi akhir 2014. Tahun ini, pemerintah mengaku akan mulai membangun tol Trans Sumatera sepanjang 2.700 kilometer.

JAKARTA - Pemerintah yakin pembangunan jalan tol di Tanah Air dapat menyerap investasi dan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pasalnya, sesuai Masterplan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News