Izin Impor Daging Disederhanakan

Izin Impor Daging Disederhanakan
Izin Impor Daging Disederhanakan
JAKARTA - Selain berencana untuk membuka impor sapi siap potong, pemerintah bakal merombak perizinan impor daging. Rencana itu menanggapi kekecewaan Presiden yang melihat lambatnya pengeluaran izin Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, sehingga menyebabkan permasalahan lonjakan harga daging yang tidak terselesaikan.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menerangkan pihaknya bakal menyatu atapkan perizinan impor daging. Selama ini perizinan masih dilakukan di dua kementerian. Dengan rincian pengeluaran rekomendasi impor di Kementrian Pertanian sedangkan surat izin impor di Kementerian perdagangan.

"Nantinya tugas Kementian Pertanian akan dibredel. Yang menyangkut perizinan produk dan perusahaan akan diserahkan kepada kami. Sedangkan tugas yang terkait sertifikat keamanan pangan, kehalalan masih dipegang oleh Kementerian Pertanian," tuturnya saat ditemui di kantornya kemarin.

Penerapan satu pintu itu, lanjutnya, hampir sama dengan sistem satu pintu yang diterapkan pada produk hortikultura. Sistemnya akan menggunakan sistem online. Sehingga meminimalisir pertemuan antara pengusaha dan pihak pemberi izin.

JAKARTA - Selain berencana untuk membuka impor sapi siap potong, pemerintah bakal merombak perizinan impor daging. Rencana itu menanggapi kekecewaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News