Jepang Bebas Nuklir

Jepang Bebas Nuklir
Jepang Bebas Nuklir

TOKYO--Jepang bakal menjadi negara bebas nuklir sampai waktu yang belum ditentukan. Hal itu terjadi setelah otoritas setempat mematikan reaktor terakhir untuk kepentingan inspeksi keamanan.

   

Langkah tersebut akan membuat negara dengan kekuatan ekonomi paling besar ketiga di dunia itu bebas dari energi atom untuk kali kedua. Sebelumnya, seluruh reaktor juga dimatikan pasca rusaknya dua reaktor di Fukushima karena gempa dan tsunami pada Maret 2011.

   

Sebelum krisis nuklir di Fukushima, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) memenuhi sepertiga kebutuhan listrik di negara yang miskin sumber daya alam tersebut. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sendiri secara terbuka mendukung penggunaan kembali energi atom secara luas. Tetapi, penggunaan energi itu ditolak publik karena faktor keamanan.

   

Dengan dasar penolakan tersebut, Kansai Electric Power (KEPCO) kemarin (15/9) secara bertahap mulai mematikan reaktor no 4 di PLTN Oi di barat Prefektur Fukui. "Pengerjaan dimulai pukul 16.40 (waktu setempat)," ungkap juru bicara perusahaan operator PLTN itu. "Reaktor akan mati sepenuhnya besok pagi (hari ini)," tambah Shinzo.

   

TOKYO--Jepang bakal menjadi negara bebas nuklir sampai waktu yang belum ditentukan. Hal itu terjadi setelah otoritas setempat mematikan reaktor terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News