Sidang MK Kian Terbuka

Sidang MK Kian Terbuka
Sidang MK Kian Terbuka
JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan diluncurkannya Video Conference (Vicon) untuk kepentingan persidangan jarak jauh. Bukan hanya itu, Vicon juga bisa disaksikan langsung oleh masyarakat dan para pihak yang berperkara. ”Peresmian video conference ini merupakan bagian atau kelanjutan dari perangkat information technology (IT) yang dikembangkan MK untuk transparansi dan akuntabilitas dalam peradilan konstitusi,” beber Mahfud.

Diceritakannya, dengan adanya jaringan IT yang seperti ini masyarakat bukan hanya dapat berperkara dan bersidang di MK melalui persidangan jarak jauh, tetapi juga masyarakat bisa secara langsung menyaksikan sidang-sidang di MK. ”Selain sidang-sidang di MK dapat diikuti melalui jaringan Vicon dan jaringan MKTV yang disiarkan langsung melalui jaringan JPMC. Putusan MK yang sedang diucapkan bisa langsung dibaca naskahnya di ruang sidang melalui layer yang disiapkan khusus untuk pengunjung di ruang sidang MK yang disiapkan khusus untuk pengunjung di ruang sidang MK yang terbuka untuk umum,” bebernya.

Dikatakan Mahfud, segera setelah palu vonis diketok, para pihak yang berperkara dapat langsung mengambil naskah lengkap putusan di ruang sidang itu juga dan paling lama 15 menit setelah itu putusan yang telah diucapkan itu dapat langsung di akses di website MK. “Jadi tidak usah menunggu satu minggu, apalagi sampai berbulan-bulan. Penayangan di layar di ruang sidang, penyiaran langsung, penyerahan naskah vonis secara langsung serta pembukaan akses pada website secara cepat,” paparnya.(gus/jpnn)

 

JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan diluncurkannya Video Conference (Vicon) untuk kepentingan persidangan jarak jauh.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News