Volume Sampah Meningkat, DKI Siapkan 72 Truk Baru

Volume Sampah Meningkat, DKI Siapkan 72 Truk Baru
Volume Sampah Meningkat, DKI Siapkan 72 Truk Baru

jpnn.com - KEBON SIRIH – Umur truk-truk sampah di ibu kota ternyata sudah tua. Padahal, volume sampah semakin meningkat. Karena itu, dengan dibantu pihak swasta, Dinas Kebersihan DKI menyediakan 72 truk sampah baru. Bahkan, 55 truk telah diserahkan kepada dinas Selasa (20/5).

Kepala Dinas Kebersihan DKI Saptastri Ediningtyas menjelaskan, sejumlah perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berniat memberikan bantuan berupa barang kepada Pemprov DKI. Salah satunya adalah truk sampah. Bantuan itu merupakan program corporate sosial responsibility (CSR).

Saptastri mengatakan, PT Gaya Makmur Mobil dan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Perti) memberi bantuan terlebih dahulu. Ada dua truk dari PT Gaya Makmur Mobil 53 truk dari Perti. PT Gaya Makmur Mobil menyerahkan bantuan kemarin di balai kota.

Saat ini, truk bantuan Perti sudah ada di kantor Dinas Kebersihan DKI. ”Untuk mengatasi masalah pengangkutan sampah, (truk-truk itu) sebetulnya sangat membantu,” ujarnya kemarin.

Sisanya, kata Saptastri, diproses administrasinya sebelum diserahkan ke pemprov. Menurut dia, Pemprov DKI sangat terbantu dengan bantuan itu. Sebab, truk sampah di pemprov sudah berumur dan tidak layak jalan.

Karena itu, program CSR dari swasta maupun BUMN terus mengalir. ”Nah, kalau ada bantuan begini, yang tua-tua itu kita kandangkan,” terang dia.

Saptastri menjelaskan, belum semua truk yang sudah diterima. Setelah PT Gaya Makmur Mobil dan Perti, bantuan akan kembali diterima Pemprov DKI dari PT TETO (2 truk), Bank Mandiri (3 truk), dan PT IPA (13 unit). ”Yang belum menyerahkan, kemungkinan dua bulan ke depan sudah sampai. Tetapi, mereka sudah komitmen,” ucapnya.

Setelah diserahkan ke Pemprov DKI, tambah Saptastri, truk akan dirawat Dinas Kebersihan DKI. Seluruh truk bantuan itu rencananya ditempatkan di dua lokasi. Yakni, di badan air dan kecamatan-kecamatan.

KEBON SIRIH – Umur truk-truk sampah di ibu kota ternyata sudah tua. Padahal, volume sampah semakin meningkat. Karena itu, dengan dibantu pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News