Koalisi Ramping, Jokowi-JK tak Terbebani

Koalisi Ramping, Jokowi-JK tak Terbebani
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla percaya diri menghadapai pemilihan presiden yang akan digelar pada 9 Juli 2014 mendatang. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla percaya diri menghadapai pemilihan presiden yang akan digelar pada 9 Juli 2014 mendatang. Kepercayaan diri itu tumbuh karena koalisi yang dibangun sangat ramping sehingga tidak terbebani untuk membentuk pemerintahan yang bersih.

"Koalisi kami ramping dan berdasarkan hati yang ikhlas," kata JK saat Debat Capres bertema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Senin (9/6) malam.

Menurut JK, dengan koalisi yang ramping maka potensi tekanan lebih berkurang ketimbang yang koalisinya lebih ngemuk. Apalagi kata dia, dalam membangun koalisi tidak ada janji ataupun komitmen bagi-bagi kekuasaaan. "Tidak ada pembagian delapan menteri," katanya.

Seperti diketahui, Jokowi-JK diusung oleh lima partai yakni, PDIP, NasDem, PKB, Hanura, dan PKPI. Sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa diusung oleh Partai Gerindra yang membangun koalisi bersama PAN, Partai Golkar, PKS, PBB, dan PPP dengan nama koalisi Merah Putih.

Sementara itu, Jokowi mengatakan dalam kepastian hukum perlu ada penguatan terhadap regulasi kepada penegak lembaga hukum. Termasuk kata dia, yang perlu diprioritaskan adalah pengawasan. "Yang bermasalah dalam pemerintahan kita adalah karena pengawasan," katanya. (awa/jpnn)


JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla percaya diri menghadapai pemilihan presiden yang akan digelar pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News