Belajar Soal-Soal di Internet, Tiga Mapel Dapat Nilai 10

Belajar Soal-Soal di Internet, Tiga Mapel Dapat Nilai 10
ANAK CERDAS: Jilan diapit orang tuanya, Rakhmad Puja dan Wisma Pratiwi. Siswi SMPN 99 Jakarta itu lulus dengan nilai tertinggi di Indonesia. Foto: Bayu Putra/Jawa Pos

jpnn.com - NOTIFIKASI pesan BlackBerry Messenger yang diterima Jilan Zahra Jauhara Rakhmad, Jumat sore (13/6) membuat gempar seisi rumahnya. Pesan dari seorang teman sekolahnya itu mengabarkan bahwa Jilan dinyatakan sebagai peraih nilai ujian nasional (unas) SMP tertinggi se-Indonesia. Kabar itu didapat dari sebuah situs berita online.

Sejenak gadis belia itu shock. Namun, setelah sadar dari kekagetannya, Jilan tidak lagi mampu menahan luapan kegembiraan. Dia langsung mencari ayahnya. Bendungan air mata bahagia pun jebol di hadapan sang ayah. Sembari terisak, dia berkali-kali mengucap syukur atas keberhasilan yang tidak pernah disangkanya itu.

Kabar gembira itu makin terang kemarin (14/6) setelah pihak sekolah mengumumkan secara resmi lewat website. Apalagi, pengumuman itu juga disertai perincian nilai yang diraih Jilan.

Dia meraih nilai sempurna (10) untuk tiga mata pelajaran, yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan matematika. Untuk pelajaran IPA Jilan mendapatkan nilai 9,75. Bila ditotal, nilai unas Jilan 39,75 (dari nilai sempurna 40) atau rata-rata 9,93.

Saat ditemui di rumahnya, kawasan Jakarta Timur kemarin, senyum semringah terus menghiasi wajah putri pasangan Rakhmad Puja dan Wisma Pratiwi itu. ”Waktu mengerjakan soal-soal sih saya yakin bisa, tapi nggak sampai membayangkan dapat nilai tertinggi,” tutur gadis berjilbab itu.

Saat ujian Jilan berusaha meyakinkan diri kalau bisa mengerjakan soal-soal tersebut. Dia menganggap unas seperti latihan-latihan soal yang dikerjakannya selama ini. Dengan keyakinan itu Jilan pun melahap soal-soal ujian dengan santai.

Modal Jilan dalam menghadapi unas sebenarnya sama dengan rata-rata siswa lain. Dia mengikuti pendalaman materi di sekolah, bimbingan belajar seminggu tiga kali, dan melatih diri dengan soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya.

Yang membedakan, Jilan memanfaatkan betul hobinya berselancar di dunia maya untuk berlatih mengerjakan soal itu. Bagi dia, sangat disayangkan jika internet hanya digunakan untuk hiburan. Semestinya, selain bisa untuk bermain game, dunia maya sangat membantu siswa untuk menyelesaikan soal-soal ujian yang sulit.

NOTIFIKASI pesan BlackBerry Messenger yang diterima Jilan Zahra Jauhara Rakhmad, Jumat sore (13/6) membuat gempar seisi rumahnya. Pesan dari seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News