Wamenhub Sebut Tiga Faktor Penyebab Pemudik Turun

Wamenhub Sebut Tiga Faktor Penyebab Pemudik Turun
Wamenhub Sebut Tiga Faktor Penyebab Pemudik Turun

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menilai jumlah pemudik dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut untuk tahun ini menurun dibandingkan dengan musim angkutan Lebaran tahun 2013.

"Musim angkutan Lebaran tahun 2014, memang belum usai, namun dapat diperoleh kesimpulan sementara dari data yang sudah masuk bahwa jumlah pemudik dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut mengalami penurunan," ujar Bambang dalam siaran persnya, Sabtu (2/8).

Menurut Bambang, ada tiga faktor yang menjadi penyebab terjadinya penurunan jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi darat dan laut. Yang pertama, Bambang menyebut masyarakat beralih menggunakan moda transportasi lain, seperti kereta api dan pesawat udara. Faktor kedua masyarakat memilih menunda mudik hingga setelah lebaran untuk menghindari macet.

"Yang ketiga sebagian masyarakat tidak jadi mudik ke kampung halaman," imbuh Bambang.

Meskipun angka jumlah pemudik dengan beberapa moda mengalami penurunan, namun pemerintah berharap penyelenggaraan mudik tahun 2014 ini dapat berjalan dengan baik.

"Diharapkan para pemudik dapat kembali ke kota asal dengan selamat dan tidak kurang satu apapun," harap Bambang. (chi/jpnn)


JAKARTA - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menilai jumlah pemudik dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut untuk tahun ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News