Kerja KPU Makin Diragukan

Kerja KPU Makin Diragukan
Kerja KPU Makin Diragukan
JAKARTA – Pelaksanaan Pemilu Legislatif sudah semakin dekat. Namun keraguan dan kekhawatiran atas kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu terus bermunculan.

Setidaknya, itulah yang terungkap pada Dialog Kenegaraan bertajuk Potensi Kerawan Pemilu 2009 Secara Teknis dan Administratif" di gedung DPD RI, Rabu (14/1). Hadir dalam dialog tersebut antara lain Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, Direktur Eksekutif CETRO, Hadar Nafis Gumay, Ketua DPP Partai Hanura Samuel Koto dan anggota DPD RI asal Bali, I Wayan Sudirta.

Menurut Wayan Sudirta, sedikitnya terdapat 19 titik rawan dalam penyelenggaraan pemilu 2009. "Diantaranya masalah politik uang, materi kampanye, masalah akurasi daftar pemilih. Masalah lain seperti banyak caleg cacat hukum dan aturan Parliamentary Threshold yang akan memicu kekecewaan," ujar Wayan.

Namun yang tak kalah rawan, sambung Wayan, KPU dari pusat hingga tingkat kabupaten/kota tang rawan suap dan tekanan. "Dan ini berpeluang menggagalkan pemilu," ulasnya.

JAKARTA – Pelaksanaan Pemilu Legislatif sudah semakin dekat. Namun keraguan dan kekhawatiran atas kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News