Belum Pernah Pesawat Lost Contact Mendarat Selamat

Belum Pernah Pesawat Lost Contact Mendarat Selamat
Pesawat AirAsia. Foto: int

jpnn.com - JAKARTA - Pilot senior Garuda, Kapten Darwis Pandjaitan, memaparkan secara teori ada sejumlah penyebab kecelakaan pesawat dan biasanya hal tersebut saling bertalian. Antara lain, kondisi cuaca, masalah teknis, dan human error.

“Kalau hanya cuaca, biasanya secara teori bisa dihindari. Karena bisa dilihat dari radar kondisi cuaca hingga 204 mil ke depan. Nah kalau cuaca tidak baik, pilot akan meminta izin ATC pindah jalur. Misalnya naik ke ketinggian tertentu. Izin dari ATC diperlukan supaya tidak terjadi tabrakan dengan pesawat lain,” katanya kepada JPNN, Minggu (28/12).

Penyebab lain, ada unsur masalah teknis pada pesawat. Untuk mengetahui kondisi ini, pesawat kata Darwis harus ditemukan terlebih dahulu. Menurutnya, walaupun masalah teknis biasanya hanya sepersekian persen, namun tetap perlu dicari tahu, karena mungkin saja terjadi.

“Yang ketiga faktor manusia. Mulai dari pilot, mekanik, atau pihak-pihak lain yang melepas pesawat dari darat,” ujar Ketua Bidang Profesi Pilot, Federasi Pilot Indonesia ini.

Saat ditanya apakah selama 37 tahun menerbangkan Pesawat Garuda, dirinya pernah mengalami kehilangan kontak dengan Air Traffic Control (ATC) atau pengatur lalu lintas udara, seperti yang dialami Air Asia QZ 8501, Darwis mengatakan tidak pernah.

Karena menurutnya, kecil kemungkinan pesawat-pesawat modern mengalami hal tersebut, jika masih dalam keadaan terbang, karena peralatan komunikasi yang dimiliki sudah cukup canggih.

“Kondisi jaman sekarang nyaris tidak ditemukan. Karena ada radio 1-4. Jadi ada beberapa back-up radio. Saya kira sampai sekarang belum pernah pesawat lost contact mendarat dengan selamat. Selain itu kalau lost contact, juga ada alat radar melalui ATC. Berapa ketinggian, atau turun berapa, itu semua ada,” katanya.

Namun begitu, Darwis mengaku tidak bijak jika dirinya berandai-andai terhadap peristiwa yang dialami Air Asia QZ 8501. Karena pihak berwenang hingga saat ini masih terus melakukan pencarian.

JAKARTA - Pilot senior Garuda, Kapten Darwis Pandjaitan, memaparkan secara teori ada sejumlah penyebab kecelakaan pesawat dan biasanya hal tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News