3 Juni, Kesiapan Anggaran Pilkada Dievaluasi

3 Juni, Kesiapan Anggaran Pilkada Dievaluasi
Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali mengecek kesiapan 269 daerah yang akan menggelar pilkada serentak tahap pertama, 9 Desember mendatang.

Langkah ini dilakukan mengingat pelaksanaan pilkada sudah akan memasuki tahapan pemutakhiran daftar pemilih. Tahapan ini  akan dilaksanakan setelah KPU menerima daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (3/6).

Menurut Ketua KPU Husni Kamil Manik,  pihaknya lewat Sekretariat Jenderal  (Setjen) menghubungi 32 KPU Provinsi untuk memastikan kesiapan KPUD di daerahnya masing-masing. Selanjutnya, KPU akan melakukan evaluasi menyeluruh pada 3 Juni mendatang.

"KPU hari ini (Senin, red) menyisir kembali kesiapan di 269 daerah yang akan ikut Pilkada dan akan dikoordinasikan ke Mendagri pada Rabu (3/6) mendatang. Kami akan evaluasi pada Rabu pagi, setelah itu sore harinya kami akan bertemu dengan Mendagri membicarakan perkembangan terakhir,” ujar Husni, Senin (1/6).

Mantan Komisioner KPU Sumatera Barat ini menegaskan, evaluasi sangat diperlukan. Mengingat beberapa waktu terakhir mengemuka persoalan anggaran. Jika tidak segera dituntas, dikhawatirkan dapat mengganggu proses tahapan pilkada.

“Tanggal 3 Juni itu (batas akhir,red) sebagaimana surat yang kami kirimkan ke KPU provinsi dan kabupaten/kota, dan juga telah diterima oleh Kemendagri, agar semua permasalahan pendanaan bisa dinyatakan tuntas,” ujar Husni. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali mengecek kesiapan 269 daerah yang akan menggelar pilkada serentak tahap pertama, 9 Desember mendatang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News