Setelah Jadi Panglima TNI, Ini Janji Jenderal Kelahiran Tegal Itu

Setelah Jadi Panglima TNI, Ini Janji Jenderal Kelahiran Tegal Itu
Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Budi Gunawan (kanan) saat memberikan selamat kepada Panglima TNI baru Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/7). Gatot menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang akan memasuki usia pensiun pada Agustus 2015. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menjadi Panglima menggantikan Jenderal Moeldoko. Ia dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara berdasarkan Keppres Nomor 49 TNI tahun 2015. 

Usai dilantik, pria kelahiran Tegal, 13 Maret 1960 itu langsung mengucapkan terima kasih untuk seluruh jajaran TNI.

"Karena tanpa mereka tidak mungkin saya seperti ini. Dan keberhasilan saya ini adalah representatif dari seluruh perjuangan TNI AD. Kepada media massa  terima kasih untuk informasi positif maupun kritik yang selalu akan saya evaluasi," ujar Gatot.

Di awal masa kerjanya, Gatot mengatakan, siap mengusahakan adanya alutsista baru untuk jajaran TNI. Terutama untuk Angkatan Udara. 

Soal anggaran, tuturnya, akan tetap menyesuaikan dengan dana yang dialokasikan pemerintah.

Sementara itu, untuk mendukung program pemerintah agar Indonesia menjadi negara maritim, Gatot mengatakan, akan menguatkan TNI Angkatan Laut.

"Presiden ingin poros maritim internasional maka tidak ada alternatif lain harus mengembangkan dan menguatkan TNI AL dan AU. Kapal harus ditambah seperti kapal selam, pesawat harus ada radar untuk menutupi smuanya, poros maritim internasional kan terbuka wilayah kita," sambung lulusan Akmil 1982 itu.

Gatot juga berharap bisa mewujudkan rencana TNI  melakukan latihan bersama sejumlah negara di kawasan ASEAN. (flo/jpnn)

JAKARTA - Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menjadi Panglima menggantikan Jenderal Moeldoko. Ia dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara berdasarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News