Oalah, Ini Alasan Kemenhub Tolak Lion Air Bangun Bandara Lebak

Oalah, Ini Alasan Kemenhub Tolak Lion Air Bangun Bandara Lebak
Presiden Direktur Lion Air Group Rusdi Kirana saat konpers. Dia mengklaim Jokowi menyetujui pembangunan Bandara Lebak. Foto: Yessy Artada/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk tidak menyetujui pengembangan Bandara Lebak Banten yang akan digarap Lion Group sudah final. Hal tersebut telah tertuang dalam surat keputusan Nomor AU101/3/15DRJU.DBU.2015. 

Dalam surat tersebut Lion Group dan beberapa mitranya dinyatakan tidak memenuhi syarat operasional untuk mengembangan Bandara Lebak, Banten. "Dari argumentasi dan sekian kali rapat, diputuskan bahwa bandara ini (Bandara Lebak) tidak mungkin jika ditinjau dari kelayaakan lokasi bandara," kata Direktur Kebandar Udaraan Kementerian Perhubungan Agus Santoso di Hotel Millenium, Jakarta, Senin (16/11).

Direktur Navigasi Penerbangan Kemenhub Novie Riyanto menambahkan, Bandara Lebak tidak layak untuk dikembangkan karena memotong beberapa ruang udara bandara, yang lokasinya berdekatan.

Lokasi Bandara Lebak sebagian sudah digunakan untuk ruang udara Bandara Curug‎, sebagai wilayah latihan penerbangan dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). "Proposal Lion Group memotong ruang udara yang ada di Curug, itu yang menurut kami tidak bisa," tegas Novie. (chi/jpnn)

 

JAKARTA - Keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk tidak menyetujui pengembangan Bandara Lebak Banten yang akan digarap Lion Group


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News