Jero Wacik Butuh Tiket Konser Lady Gaga, Anak Buah Keluar Uang Rp 10 Juta

Jero Wacik Butuh Tiket Konser Lady Gaga, Anak Buah Keluar Uang Rp 10 Juta
Jero Wacik. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik diketahui pernah menggunakan dana operasional menteri (DOM) untuk membeli tiket konser Lady Gaga. Jero bahkan meminta sekretaris jenderal (sekjen) Kementerian ESDM kala itu, Waryono Karno untuk membelikan tiket konser penyanyi dunia itu demi keluarganya pada April 2012.

Menurut mantan Kepala Bagian Kerja Sama Setjen ESDM, Athena Falahti, dirinya pernah diperintah oleh Waryono untuk mencarikan tiket konser Lady Gaga. "Buat keluarga Pak Menteri, sekitar Rp 10 juta," kata Athena saat menjadi saksi dalam perkara Jero Wacik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kamis (26/11).

Athena mengisahkan, saat itu dia dipanggil Waryono dan diberi tahu bahwa Jero membutuhkan tiket konser Lady Gaga. Atas perintah itu, dia kemudian mencari tiket itu melalui internet dengan bantuan stafnya yang bernama Ica.

Selanjutnya, Athena meminta uang pembelian tiket ke Kepala Bidang Pemindah Tanganan, Penghapusan, dan Pemanfaatan Barang Milik Negara (PPPBMN) Sri Utami. “Saya minta ke Bu Sri. Setelah itu baru saya serahkan tiketnya ke protokoler untuk diberikan ke Pak Menteri," jelasnya.

Selain itu, Athena juga mengaku pernah diminta membelikan tiket konser penyanyi Stevie Wonder seharga Rp 50 juta untuk keluarga Jero Wacik. Caranya pun sama dengan saat membeli tiket konser Lady Gaga.

Dalam dakwaan disebutkan, Jero menggunakan DOM Kementerian ESDM untuk kepentingan pribadi hingga mencapai Rp 10 miliar lebih. Pria asal Bali itu disebut selalu meminta Waryono dan Sriuntuk menunjang keperluan pribadinya dengan menggunakan dana operasional tersebut.(put/jpg)


JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik diketahui pernah menggunakan dana operasional menteri (DOM) untuk membeli


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News