E-Government Diklaim Percepat Rasionalisasi PNS

E-Government Diklaim Percepat Rasionalisasi PNS
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kerja sama pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan dalam bidang e-Government bakal mempercepat proses rasionalisasi sejuta PNS. Pasalnya, dengan e-Government, satu pekerjaan yang biasanya dikerjakan dua sampai tiga PNS kini bisa dihandle seorang pegawai.

"Jadi e-Government ini akan menghemat anggaran pemerintah lebih besar lagi, karena tidak har‎us membayar gaji PNS," kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB ,Bambang Dayanto Sumarsono kepada JPNN, Kamis (3/3).

Dia menambahkan, saat ini pemerintah tengah mengkaji rencana rasionalisasi PNS. Salah satu yang dikaji adalah jadwal pelaksanaan rasionalisasi.

"Dalam roadmap, rasionalisasi PNS sudah dimulai tahun ini, sehingga pada 2019 jumlah PNS menjadi 3,5 juta orang," terangnya.

Dalam roadmap, rasionalisasi PNS diprioritaskan untuk lulusan SD, SMP, SMA yang berjumlah sekitar 1,3 juta orang. Semua PNS itu tersebar di jabatan fungsional umum. Dengan pengurangan tersebut, jumlah pegawai akan menciut menjadi 3,5 juta orang. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News