DPT Kacau, Jual Beli Suara Marak

DPT Kacau, Jual Beli Suara Marak
DPT Kacau, Jual Beli Suara Marak
JAKARTA – Terkuaknya persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) fiktif bukan hanya membuka tentang kemungkinan manipulasi saat pelaksanaan pemungutan suara. Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menyatakan, DPT fiktif juga semakin membuka kemungkinan bakal maraknya jual beli suara oleh para calon anggota legislatif di berbagai daerah.

“Pencurian suara maupun jual beli suara akan terjadi besar-besaran karena tidak ada DPT yang solid. Para petugas lapangan akan leluasa bertindak semaunya,” kata Ray Rangkuti dalam diskusi di Gedung DPR, Selasa (24/3).

Lebih lanjut Ray mengatakan, kekacauan DPT akan berpengaruh pada semua tahapan Pemilu mulai dari pengadaan surat suara, jumlahnya pemilih di satu TPS, keabsahan suara dan persoalan-persoalan lain di TPS. “Dan kondisi-kondisi ini pada dasarnya bisa dimainkan oleh petugas lapangan,” tegasnya.

Menurutnya, DPT yang kacau dan tingkat pengawasan yang rendah jelas memperbesar kemungkinan terjadinya transaksi jual beli suara. Pasalnya, pada kenyataannya semua orang ingin menjadi anggota DPR sehingga transaksi tak terhindarkan. “Dimana ada permintaan pasti aka ada penawara, dan itu bisa saja terjadi dari mana saja mulai oknum KPU maupun calo-calo yang bermain,” ulasnya.

JAKARTA – Terkuaknya persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) fiktif bukan hanya membuka tentang kemungkinan manipulasi saat pelaksanaan pemungutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News