Jokowi Dinilai Komitmen Bangun Wilayah Perbatasan

Jokowi Dinilai Komitmen Bangun Wilayah Perbatasan
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengadakan serap aspirasi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Acara tersebut berlangsung di Aula DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Kamis (12/5). FOTO: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com - KAPUAS HULU – Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengadakan serap aspirasi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Acara tersebut berlangsung di Aula DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Kamis (12/5).

Serap aspirasi ini dihadiri jajaran pemda, para camat, kepala desa, tokoh masyarakat, para mahasiswa, dan siswa.

Dalam arahannya, Oesman Sapta mengungkapkan pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo sangat menekankan pembangunan infrastruktur khususnya di perbatasan. Bahkan Presiden Jokowi berkali-kali datang ke perbatasan untuk melihat secara langsung pembangunan jalan di perbatasan.

“Setelah dicek Presiden Jokowi, pembangunan jalan sudah mencapai ratusan kilometer. Tidak hanya di Entikong, Kalimantan Barat tapi juga daerah perbatasan lain di Aceh, Papua,” katanya.

“Kalau presiden datang empat  kali ke perbatasan, menteri datang 6 kali, Dirjen datang 12 kali. Bayangkan berapa kali dalam setahun daerah perbatasan dikunjungi," tambah Oso.

Meski demikian, masalah perbatasan masih tetap banyak. Dalam serap aspirasi, banyak pertanyaan berkaitan dengan perbatasan seperti nasionalisme, tenaga kerja ilegal, intervensi dari negara lain di perbatasan seperti politik, narkoba, dan lainnya.

Usai serap aspirasi, Oso mengakui daerah perbatasan selalu mengalami krisis. “Kita dari pusat harus lebih peka terhadap persoalan di perbatasan. Karena apa yang terjadi di daerah tidak mudah sampai ke pusat. Banyak keluhan dari anak bangsa yang ada di perbatasan,” ujar anggota DPD dari Kalimantan Barat ini.

Dari serap aspirasi ini, lanjut Oso, mereka menginginkan pesannya sampai ke tingkat nasional.

KAPUAS HULU – Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengadakan serap aspirasi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News