Ini Kata Profesor Politik Buat Caketum Golkar

Ini Kata Profesor Politik Buat Caketum Golkar
ILUSTRASI. FOTO: Indo Pos/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Muhammad Budyatna menilai dari delapan calon Ketua Umum Partai Golkar hanya Setya Novanto yang dia nilai sensitif terhadap masalah sosial yang kini tengah merisaukan Bangsa Indonesia.

“Akhir-akhir ini, semakin banyak kasus kekerasan dan perkosaan yang dialami oleh anak-anak. Dari delapan calon ketua umum, hingga sore tadi saya baru hanya membaca pernyataan sikap politik Setya Novanto terhadap kegelisahan publik tentang tindak kekerasan dan pemerkosaan ini,” kata Budyatna, saat dihubungi wartawan, Jumat (13/5).

Tujuh calon lainnya, lanjut Guru Besar Politik UI ini, masih sibuk dengan urusan internalnya memperebutkan menjadi orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin itu.

“Saya lihat sensitifitas Pak Novanto terhadap kondisi kekinian bangsa patut diteladani oleh kandidat lainnya dan ini bisa jadi pemersatu partai," saran dia.

Mestinya, kata dia, salah satu calon di antara delapan nama tersebut saat ini adalah jadi Ketua DPR lebih awal menyikapi tragedi tindak kekerasan yang disertai pemerkosaan tersebut.

“Tapi ini masalahnya sangat mendasar, yakni soal sensitifitas terhadap kerisauan bangsa dan memang tak bisa dipaksa-paksa. Hanya orang-orang tertentu yang secara spontan bisa merespon keadaan,” katanya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News