Pesan Menteri Anies pada Peserta Olimpiade Sains Nasional

Pesan Menteri Anies pada Peserta Olimpiade Sains Nasional
Anies Baswedan. foto: JPNN

jpnn.com - PALEMBANG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswesan membuka  Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Senin pagi (16/5).

Dalam sambutannya, Anies mengungkapkan bahwa OSN adalah wahana untuk menumbuhkan budaya dan nilai-nilai ilmiah. Seperti rasa ingin tahu yang besar terhadap alam sekitarnya, semangat menyelidiki lebih jauh sebuah asumsi.

"OSN ini menumbuhkan karakter positif seperti rasa ingin tahu dan bereksperimen. Karakter moral yang perlu dibangun dan ditegakkan adalah kejujuran. Jadilah ilmuwan yang skeptis tapi positif, " ujar Anies.

Dia berharap, melalui OSN‎ bisa mengembalikan integritas bangsa Indonesia.

‎Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad menjelaskan, Olimpiade Sains diarahkan sebagai salah satu sarana yang bersifat implementatif dan efektif untuk membina dan membangun karakter siswa.

“Melalui kompetisi ini, para siswa akan diajak mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan berlatih berkompetisi sehat,” tegasnya. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News