BI Optimistis Inflasi Cuma 0,19 Persen

BI Optimistis Inflasi Cuma 0,19 Persen
BI. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Bank Indonesia sudah punya prediksi inflasi pada akhir Mei nanti. Bank sentral tersebut optimistis, inflasi tetap akan berada pada level yang masih terjaga.

’’Inflasi cukup baik. Dari survei kami, (inflasi) diperkirakan ada di 0,19 persen. Kalau dilihat tahunannya, bisa di 3,3 persen,’’ kata Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo, Jumat (27/5).

Agus menyebutkan, tekanan inflasi dari komoditas dengan harga yang rawan bergejolak (volatile food) berangsur membaik. Harga cabai merah yang sempat mencapai Rp 32 ribu per kilogram telah berangsur turun, bahkan lebih rendah jika dibandingkan dengan harga pada April.

Meski demikian, harga daging ayam masih menyumbangkan inflasi yang cukup besar. ’’Secara umum, kami masih optimistis target (inflasi akhir tahun) empat persen plus minus 1 persen bisa dicapai,’’ tambahnya.

BI meminta pemerintah agar mewaspadai harga lima komoditas yang dianggap dapat memicu inflasi. Yakni, beras, daging sapi, bawang merah, berbagai varian cabai, dan daging ayam. (dee/jos/jpnn)

 


JAKARTA – Bank Indonesia sudah punya prediksi inflasi pada akhir Mei nanti. Bank sentral tersebut optimistis, inflasi tetap akan berada pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News