Sekda Khawatir jika Dana Pilgub Rp 1 Triliun

Sekda Khawatir jika Dana Pilgub Rp 1 Triliun
Uang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MANOKWARI – Pilkada untuk memilih gubernur-wakil Papua Barat akan digelar 2017 mendatang. Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi Papua Barat, Nathaniel Mandacan mengakui pusing dengan kebutuhan dana pilkada yang dipastikan cukup besar. 

Alokasi dana diberikan kepada KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu dan aparat keamanan.   Besarnya  dana penyelenggaraan Pilkada ini sangat berpengaruh pada alokasi dana pembangunan di provinsi ini. 

Sekda bahkan menyebut,bila dana Pilkada mencapai Rp 1 triliun, maka akan berpengaruh pada penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Pasalnya, untuk KPU Papua Barat saja sebesar rp 506 miliar.

‘’Kalau misalnya dana Rp  1 triliun  hanya untuk pelaksanaan Pilkada,maka pemerintahan tidak akan jalan tahun depan. Kalau hanya goyang sementara saja tidak apa-apa,’’ ujarnya kepada wartawan di kantor gubernur, Rabu (22/6).
 
Terpenting saat ini, Pemprov Papua Barat telah menyetujui pagu anggaran untuk KPU Papua Barat sebesar Rp 506 miliar lebih. Anggaran ini dapat proses pencairan. 

‘’Bisa tanya ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sudah sejauh mana proses pencairannya,’’ ujarnya.

Soal anggaran untuk Bawaslu, Pemprov Papua Barat  lanjut Sekda, belum ditentukan. Hanya saja, Nathaniel Mandacan mengatakan, besaran dana untuk Bawaslu disesuaikan dengan kemampuan daerah. Pemerintah daerah lebih fokus anggaran KPU.

‘’Yang kita fokuskan  (dana) KPU karena dia yang menyelenggarakan. Sedangkan (lembaga) yang mengawasi (Bawaslu/Panwaslu) disesuaikan dengan kemampuan kita,’’ tandansya.

Sekda mengatakan, berapapun dana yang disediakan pemerintah daerah agar dimanfaatkan secara efisien oleh Bawaslu. 

MANOKWARI – Pilkada untuk memilih gubernur-wakil Papua Barat akan digelar 2017 mendatang. Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi Papua Barat, Nathaniel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News