1.000 Homestay di Momen Diaspora Banyuwangi

1.000 Homestay di Momen Diaspora Banyuwangi
Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - BANYUWANGI – Momen Diaspora Banyuwangi, Jumat (8/7), tak hanya menjadi ajang silaturahmi sesama perantau yang mudik ke Banyuwangi. 

Di sela ajang silaturahmi Idul Fitri itu, disisipkan agenda penandatanganan MoU antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dengan pemerintah desa. MoU ini berisi pencanangan 1000 homestay untuk mendukung sektor pariwisata Banyuwangi.

Penandatanganan MoU ini dikawal langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Bupati Banyuwangi Azwar Anas juga ikut mendampingi menteri yang lahir di Banyuwangi itu. Selain itu, hadir pula Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Robi Bulan, Kepala Pengadilan Banyuwangi, Timur Pradopo dan Kepala Kejaksaan AA Adnyana.

“Kementerian Pariwisata mendorong pembangunan homestay di daerah-daerah wisata untuk memberi alternatif tempat menginap bagi wisatawan. Dan kami bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) serta BTN ( Bank Tabungan Negara) untuk mewujudkan 1.000 homestay di Banyuwangi,” ujar Menpar Arief Yahya saat memberikan sambutan pada acara halal bihalal Diaspora Banyuwangi, Jumat (8/7).

Ada 17 desa/kelurahan yang ditunjuk sebagai area pengembangan homestay di Banyuwangi. Desa yang ditunjuk merupakan desa-desa yang memiliki potensi wisata dan kearifan lokal. 

Desa tersebut antara lain Kelurahan Temenggungan (Kecamatan Banyuwangi), Gombengsari (Kalipuro), Desa Bakungan dan Kampunganyar (Glagah), Banjar dan Tamansari (Licin), Kandangan (Pesanggaran), Sumberasri (Purwoharjo), dan Kalipait (Tegaldlimo). Dan 17 kepala desa dan lurah tersebut langsung menandatangani perjanjian kesanggupan untuk mengembangkan homestay yang berwawasan lingkungan.  

"Desainnya harus mencerminkan kearifan lokal. Intinya bangunan yang khas Indonesia,” tutur Arief yang meneruskan pesan Presiden Joko Widodo itu.

Bagaimana dengan skema pembiayaannya? Berapa bunga yang akan dibebankan kepada masyarakat yang ingin membangun homestay di 17 desa/kelurahan yang ditunjuk sebagai area pengembangan homestay di Banyuwangi?

BANYUWANGI – Momen Diaspora Banyuwangi, Jumat (8/7), tak hanya menjadi ajang silaturahmi sesama perantau yang mudik ke Banyuwangi.  Di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News