Pemerintah Harus Waspadai Dampak Negatif Tax Amnesty

Pemerintah Harus Waspadai Dampak Negatif Tax Amnesty
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah juga perlu mewaspadai dan mengantisipasi sejumlah dampak negatif yang dapat timbul dari kebijakan pengampunan pajak alias tax amnesty.

“Sudah banyak perkiraaan keuntungan akan dihasilkan dari tax amnesty, termasuk masuknya devisa negara berupa pajak. Di tengah euforia tax amnesty pemerintah harus dapat mengukur dampak negatif yang diperkirakan akan muncul pasca-tax amnesty,” ucap Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda kemarin.

Meski amnesti pajak bakal berdampak luar biasa bagi pembangunan sektor infrastruktur dan properti, di sisi lain dengan banyaknya pembelian properti dari dana-dana luar biasa tersebut akan membuat peningkatan harga properti yang juga tinggi.

Perkiraan pembelian properti tersebut, lanjutnya, juga dilakukan dengan cara metode tunai keras sehingga tidak ada instrumen perbankan yang dapat mengaturnya karena tidak dilakukan secara kredit.

“Meskipun masih belum dapat dikatakan akan terjadi bubble, namun pastinya harga tanah-tanah akan terdongrak naik, dan pada akhirnya tanah-tanah untuk properti menengah bawah akan semakin langka,” urainya.

Menurutnya, hal itu akan berdampak bagi semakin sulitnya pemerintah untuk merealisasikan janji realisasi program sejuta rumah.

Kewaspadaan ini harusnya sudah diantisipasi oleh pemerintah dengan sebuah mekanisme pengendalian harga tanah seperti bank tanah yang sejak dulu belum juga tersentuh,

Di mana sebetulnya bank tanah merupakan faktor strategis dalam pengendalian harga tanah.

JAKARTA - Pemerintah juga perlu mewaspadai dan mengantisipasi sejumlah dampak negatif yang dapat timbul dari kebijakan pengampunan pajak alias tax

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News