Menurut Sekda, Inilah Penyebab PNS tak Netral

Menurut Sekda, Inilah Penyebab PNS tak Netral
PNS. Ilustrasi Foto: Malut Post/dok.JPNN.com

jpnn.com - BATANG -  Kabupaten Batang, Jateng, termasuk daerah yang akan menggelar pilkada 15 Februari 2017 mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nashikin menekankan pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) alias PNS dalam pilkada.

Hal tersebut disampaikan Nashikin, saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN, di Aula Kantor Bupati setempat, Rabu (3/8) kemarin diikuti Perwakilan SKPD se-Kabupaten Batang. Disampaikan juga bahwa yang dimaksud dengan asas netralitas adalah bahwa setiap Pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun.

"Selain itu tidak memihak kepada kepentingan siapapun calon dalam Pilkada. Netralitas menjadi roh ASN atau PNS dalam pemilihan kepala daerah untuk mempertahankan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pelayanan publik," tegas Nasikhin.

Ditambahkan, ada beberapa faktor yang menjadikan ASN tidak netral. Antara lain, seperti adanya ajakan, dorongan untuk mendukung salah satu calon, dijanjikan jabatan tertentu yang lebih baik, PNS tidak percaya diri, pembinaan karier yang kurang kondusif, ketidak kompakan dan jiwa korps yang rendah.

Dosen Fakultas Hukum UNDIP Semarang Nuswantoro Dwi Warno, mengatakan, ASN memiliki potensi untuk dimanfaatkan oleh partai politik atau calon kepala daerah. 

Pasalnya, memiliki potensi tingkat pendidikan dan pengetahuan yang memadai, jumlah ASN yang signifikan dan jaringan yang tersebar di seluruh pelosok desa.

"ASN juga memiliki fungsi strategis dalam menggerakkan anggaran keuangan negara, membantu dan mempermudah pelaksanaan kampanye melalui pemanfaatan fasilitas negara secara diskriminatif, figur PNS menjadi referensi/tokoh bagi masyarakat desa," tutur Nuswantoro.

BATANG -  Kabupaten Batang, Jateng, termasuk daerah yang akan menggelar pilkada 15 Februari 2017 mendatang. Sekretaris Daerah Kabupaten Batang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News