Program 10 Ribu Kolam Ikan Dongkrak Ekonomi Warga Banyuwangi

Program 10 Ribu Kolam Ikan Dongkrak Ekonomi Warga Banyuwangi
Bupati Banywuangi Abdullah Azwar Anas saat panen ikan air tawar bersama warga di Dusun Tlogosari, Desa Jambesari, Kecamatan Sempu. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - BANYUWANGI – Gerakan Sepuluh Ribu Kolam Ikan yang dicanangkan oleh Kabupaten Banyuwangi sejak 2012 kini sudah mulai dirasakan hasilnya oleh warga dan para pembudidaya ikan air tawar. 

Menurut Bupati Banywuangi Abdullah Azwar Anas, gagasan untuk membuat program tersebut adalah untuk meningkatkan produktivitas sektor perikanan sekaligus mengangkat ekonomi warga.

”Dengan program ini, pasokan ikan bertambah, melengkapi perikanan tangkap yang terkadang kurang stabil. Sekaligus ini bisa meningkatkan ekonomi warga. Dulu pekarangannya menganggur, sekarang menghasilkan. Ujung-ujungnya ini bisa mengerem inflasi karena daya beli warga terjaga,” ujar Anas saat panen ikan air tawar bersama warga di Dusun Tlogosari, Desa Jambesari, Kecamatan Sempu.

Anas menambahkan, gerakan tersebut tidak membutuhkan areal khusus. Cukup dengan memanfaatkan pekarangan kosong dan surplus air. ”Pemikirannya sederhana tapi praktis. Kami memang tidak mau program yang muluk-muluk. Yang penting bisa jalan dengan segala keterbatasan yang ada dan bisa dirasakan warga,” ungkap Anas.

Sampai 2015, kolam ikan air tawar di Banyuwangi telah melampaui target. “Pada 2015, total kolam ikan air tawar mencapai 13.015 kolam. 

Artinya program sepuluh ribu kolam ini telah dilampaui targetnya. Ada satu warga yang mempunyai lebih dari dua kolam, menyesuaikan luas lahan,” tutur Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Banyuwangi Pudjo Hartanto.

Dari program ini, tiap tahunnya Banyuwangi berhasil memanen 3.700 ton ikan air tawar dengan perputaran uang mencapai Rp 55 miliar. ”Ada 5.000 warga yang terlibat, jadi jika dirata-rata ada tambahan penghasilan Rp 11 juta per warga,” ujarnya.

Salah satu kelompok warga yang sukses adalah Komunitas Ekonomi Lokal di Desa Jambesari, Kecamatan Sempu. Komunitas itu dipimpin pemuda bernama Agus Riyanto. Mereka membudidayakan ikan lele. 

BANYUWANGI – Gerakan Sepuluh Ribu Kolam Ikan yang dicanangkan oleh Kabupaten Banyuwangi sejak 2012 kini sudah mulai dirasakan hasilnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News