Calon Harus Bayar Berapa untuk Tes Kesehatan? Klik

Calon Harus Bayar Berapa untuk Tes Kesehatan? Klik
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR – Tahapan pilkada Kabupaten Takalar, Sulsel, memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan terhadap dua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati. Tim pemeriksa kesehatan melibatkan 50 dokter spesialis.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di PCC RS Wahidin Sudirohusodo, Minggu, 25 September hari ini. 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, Prof dr Abdul Kadir menjelaskan, setiap calon akan menjalani pemeriksaan fisik dan psikologi kejiwaan. 

Dijelaskan untuk pemeriksaan fisik, semua organ diperiksa seperti mata, telinga, jantung, paru-paru sampai pada fungsi otak setiap calon. 

"Kita siapkan 40 sampai 50 dokter ahli untuk itu," kata Abd Kadir, disela sosialisasi pemeriksaan di Hotel Grand Clarion, Sabtu  (24/9).

Sosialisasi kemarin juga dihadiri perwakilan KPUD Takalar, RS Wahidin Sudirohusodo, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sulsel, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel. Untuk kebutuhan itu, dua paslon dibebankan masing-masing biaya Rp12 Juta.

Ketua KPU Takalar Jusalim Samak, menyampaikan rincian biaya itu diantaranya untuk pemeriksaan jasmani Rp6 Juta per orang, BNN Rp1,8 Juta, dan HIMPSI (tes kejiwaan).

"Anggaran yang harus disipakan itu Rp12 juta per orang bukan per pasangan, dalam aturan hal itu memang tidak ditaggung penyelenggara," kata Jussalim.

MAKASSAR – Tahapan pilkada Kabupaten Takalar, Sulsel, memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan terhadap dua bakal pasangan calon bupati dan wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News