Ini Cara Ampuh Penguatan DPD ala Ginandjar

Ini Cara Ampuh Penguatan DPD ala Ginandjar
Ketua DPD RI, Mohammad Saleh (tengah) membuka acara seminar nasional dengan tema Penguatan DPD RI Sebagai Kekuatan Penyeimbang dalam Parlemen Indonesia, di Gedung Nusantara IV Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (13/10). FOTO: Humas DPD RI

jpnn.com - JAKARTA - Konsolidasi internal dalam tubuh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI merupakan salah satu cara ampuh untuk mewujudkan penguatan kewenangan.

Hal tersebut disampaikan Mantan Ketua DPD RI, Ginandjar Kartasasmita dalam acara seminar nasional dengan tema Penguatan DPD RI Sebagai Kekuatan Penyeimbang dalam Parlemen Indonesia.

Seminar ini dibuka oleh Ketua DPD RI, Mohammad Saleh, di Gedung Nusantara IV Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (13/10).

DPD saat ini sedang berusaha menjembatani penataan sistem ketatanegaraan Indonesia melalui Perubahan UUD 1945, khususnya mengenai peran DPD sebagai kekuatan penyeimbang dalam parlemen Indonesia.

“Oleh karena itu, sangat strategis untuk mengadakan pertemuan seminar nasional dalam kerangka mencari solusi bersama atas permasalahan bangsa saat ini,” ucap Mohammad Saleh saat membuka seminar.

Turut hadir pula pada Seminar Nasional ini di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi (periode 2003-2008) Jimly Asshiddiqie, Ketua MK (periode 2013-2015) Hamdan Zoelva, Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) DPD RI, John Pieris dan Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Bambang Sadono, Pimpinan Fraksi-Fraksi di MPR RI, Pimpinan Partai Politik, Lembaga Pengkajian MPR, Ketua Forum Rektor, para Akademisi dan awak media.

Pada kesempatan tersebut, Ginandjar Kartasasmita selaku Ketua DPD RI Periode 2004-2009, menyatakan bahwa  hal utama yang harus diperhatikan dalam memperjuangkan penguatan kewenangan DPD RI adalah dengan dilakukannya konsolidasi internal secara solid.

“Kalau perjuangan ini ingin berhasil harus ditunjukkan oleh semua anggota DPD dan jalankan demokrasi dengan santun. DPD harus kuatkan konsolidasi internal baru tunjukkan kekuatan,” tegasnya.

JAKARTA - Konsolidasi internal dalam tubuh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI merupakan salah satu cara ampuh untuk mewujudkan penguatan kewenangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News