Waspada! Kepala Sekolah hingga Pejabat Jadi Sasaran Tim KPK Gadungan

Waspada! Kepala Sekolah hingga Pejabat Jadi Sasaran Tim KPK Gadungan
Waspada! Kepala Sekolah hingga Pejabat Jadi Sasaran Tim KPK Gadungan

jpnn.com - BUNGURSARI– Saat ini, masyarakat  harus lebih berhati-hati dari segala bentuk modus penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Salah satunya yaitu penipuan dengan berkedok tim yang bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kasubbag Humas Polres Tasikmalaya Kota AKP Tatang A Kosasih mengatakan pihaknya mendapat informasi dari Kadiv Humas Polri soal munculnya aksi-aksi penipuan oleh orang-orang yang mengatasnamakan KPK. 

Targetnya adalah pejabat, intansi bahkan sampai ke lingkungan sekolah. “Kalau ke sekolah modusnya investigasi dengan maksud untuk memeras,” ujarnya kepada Radar Tasikmalaya, Kamis (17/11).

Selain investigasi, ada juga modus lain yang tercatat yaitu penyelenggaraan diklat dengan dikenai biaya, permintaan pengiriman dana melalui rekening pejabat KPK, merekayasa seolah-olah ada pengaduan dan memeras. 

Ada pula yang mengaku sebagai agen KPK dengan memanfaatkan kartu atau surat berlogo KPK yang ujungnya meminta sejumlah uang, atau menjual buku dengan harga yang mahal. 

“Kalaupun menerbitkan buku, KPK akan memberikan secara cuma-cuma alias gratis,” terangnya.

Ditegaskan AKP Tatang, KPK tidak pernah bekerjasama atau menunjuk lembaga lain untuk penugasan. Selain itu, KPK juga tidak memiliki cabang perwakilan di tingkat daerah baik kota maupun kabupaten. 

BUNGURSARI– Saat ini, masyarakat  harus lebih berhati-hati dari segala bentuk modus penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News