Rencong dan Meukeutop Jokowi Menggetarkan Caleg Aceh

Rencong dan Meukeutop Jokowi Menggetarkan Caleg Aceh
ADAT ACEH: Presiden Joko Widodo dengan baju adat Aceh menyapa tamu undangan di halaman Istana Merdeka Jakarta sebelum memimpin upacara peringatan Detik-detik Proklamasi, Jumat (17/8). Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Aceh saat memimpin upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Jumat (17/8) pagi. Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu memakai pakaian tradisional Aceh lengkap dengan meukeutop atau topi khas Serambi Mekah lengkap dengan rencong.

Penampilan Jokowi dengan baju Aceh membuat warga Nangroe Aceh Darussalam (NAD) ikut bangga. Bahkan tokoh muda NAD yang juga calon anggota legislatif (caleg) DPR dari PDI Perjuangan Ramond Dony Adam merasa tergetar melihat Jokowi tampil dengan baju tradisional Aceh pada peringatan Detik-detik Proklamasi.

“Bergetar. Itulah yang saya rasakan ketika melihat Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat daerah Aceh, tanah kelahiran ibu saya,” ujar Dony.

Pemuda yang pernah menjadi tukang buah di Meulaboh, Aceh Barat itu menyebut penampilan Presiden Jokowi sarat dengan makna. Menurut Dony, penampilan Jokowi membawa pesan bahwa presiden pernah menjadi gubernur DKI itu punya kepedulian tinggi pada Tanah Rencong.

Baca juga: Kisah Pemuda Aceh Eks DJ Banting Setir Jadi Caleg Lewat PDIP

Dony lantas mengenang ketika Jokowi memilih merayakan Idulfitri di Aceh. “Menurut saya ini hal yang sangat luar biasa. Sebab selama berdirinya negara ini, Jokowi satu-satunya presiden yang melakukan hal itu,” ujarnya.

Rencong dan Meukeutop Jokowi Menggetarkan Caleg Aceh
Ramond Dony Adam di halaman Istana Merdeka. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

Selain itu, perhatian Jokowi kepada Aceh juga tampak mengundang Nyak Sandang secara khusus ke Istana Negara pada Maret lalu. Nyak Sandang merupakan tokoh masyarakat Aceh yang ikut menyumbangkan hartanya pada awal-awal Indonesia merdeka demi membantu pemerintahan Presiden Soekarno membeli pesawat.

Penampilan Jokowi dengan baju Aceh saat memimpin upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara membuat warga NAD bangga dan tergetar hatinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News