10 Hari, 30 Kasus Hepatitis A

10 Hari, 30 Kasus Hepatitis A
10 Hari, 30 Kasus Hepatitis A
PURWOKERTO - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas sedang melakukan investigasi terkait merebaknya kasus penyakit Hepatitis A. Sebab, laporan yang masuk ke DKK Banyumas, penderita Hepatitis A mengalami peningkatan di awal tahun ini.

Data DKK menyebutkan, dalam 10 hari terakhir sudah tercatat 30 orang yang dilaporkan menderita penyakit kuning. "Ini sesuai dengan laporan penderita dari Puskesmas Purwokerto Timur dan RS Margono," kata Kepala DKK Banyumas dr Widayanto MKes.

Investigasi dilakukan untuk mengetahui dari mana sumber munculnya penyakit ini. DKK sendiri memiliki kecurigaan, penyakit kuning tersebut berasal dari makanan/jajanan sekolah yang dikonsumsi penderita. Kecurigaan ini bukan tanpa alasan. Sebab, kasus ini rata-rata menyerang anak sekolah dan mahasiswa.

Untuk itulah, investigasi dimulai dengan mengambil sampling makanan/jajanan sekolah maupun di warung-warung yang berkontak dengan para penderita. "Sampling dan investigasi sudah dilakukan. Namun, tidak ditemukan adanya penjual jajanan anak/warung yang memakai bahan kimia seperti borak, formalin, rodamin. Mungkin pada sisi kebersihannya," ucap dia.

PURWOKERTO - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas sedang melakukan investigasi terkait merebaknya kasus penyakit Hepatitis A. Sebab, laporan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News