10 Hari Menjadi Murid Dahlan Iskan

10 Hari Menjadi Murid Dahlan Iskan
Dahlan Iskan. Foto: Indopos/dok.JPNN

"RAMA, besok ke Jakarta. Ikut pelatihan konsep koran Metro sama Pak Dahlan," ujar Pemimpin Redaksi Metropolitan Bogor Abdul Somad kepada saya selepas pulang dari kantor Selasa (2/12) malam itu.
-----------
Oleh Rama Irawan, Redaktur Harian Metropolitan, Bogor.
----------
Dilatih langsung Dahlan Iskan? Saya cukup kaget dan tidak percaya. Awalnya saya sudah diarahkan untuk menjalani 'pesantren jurnalistik' di Jawa Pos di Surabaya pada bulan yang sama.

Di Jawa Pos, kantor pusat grup Jawa Pos pun saya tak berharap akan bertemu, apalagi dididik oleh Dahlan Iskan.

Pak Dahlan mengajar jurnalistik lagi! Ini tak pernah dibayangkan bahkan oleh para petinggi Jawa Pos Grup. Karena sudah lama sekali mantan CEO Jawa Pos Grup itu tidak lagi ikut campur urusan redaksi, apalagi menggembleng langsung para pemimpin redaksi di Jawa Pos Grup.

Apalagi saya yang kelasnya masih bawahan. Dan saya diperintahkan untuk ikut kelas Dahlan Iskan itu?

Dibandingkan peserta lain saya tergolong junior. Para pemred senior yang menjadi peserta dalam pelatihan mengaku, sejak berangkat mereka belum percaya kalau Pak Dahlan bisa hadir penuh, dan benar-benar akan mengajar sendiri selama 10 hari. Saya makin takjub dengan kesempatan yang saya dapatkan ini.

Buat saya, ini kehormatan yang luar biasa. Ya, saya akan menjadi murid sang maestro jurnalistik yang melahirkan sebuah grup koran besar di mana saya bekerja di salah satu korannya di Bogor!

Situasi bisnis media memang sedang tidak bagus. Oplah koran metro cenderung turun dalam beberapa tahun terakhir. Persaingan media makin ketat. Apalagi koran metro sering diposisikan sebagai koran kelas dua. Resep apa yang akan ditawarkan Dahlan Iskan? Itulah yang kami dapatkan dari beliau.

Kami diajak merumuskan bersama soal formulasi berita di halaman satu yang 'benar-benar menjual', menghasilkan berita yang minimal bernilai 7 untuk diterbitkan, bagaimana membentuk wartawan yang bukan 'wartawan sambil lalu', memotivasi mereka, menghitung imbalan yang pantas, mengingatkan soal pentingnya perencanaan.

"RAMA, besok ke Jakarta. Ikut pelatihan konsep koran Metro sama Pak Dahlan," ujar Pemimpin Redaksi Metropolitan Bogor Abdul Somad kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News