10 Heli Padamkan Karhutla di Kalbar

10 Heli Padamkan Karhutla di Kalbar
Kebakaran hutan. Foto: Rakyat Kalbar/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan 10 helikopter untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat (Kalbar).

Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho memerinci, jumlah helikopter yang beroperasi di Kalbar sampai dengan 22 Agustus 2018 terdiri dari satu Heli Bolkow yang berfungsi untuk patroli dan water bombing.

Kemudian, dua Heli Bell di Bandar Udara Internasional Supadio, Kubu Raya, yang sudah beroperasi melakukan water bombing.

Tiga Heli MI 8 yang baru datang dan sudah beroperasi melakukan water bombing. Serta masing-masing satu Heli Bell di Sintang dan Ketapang yang berfungsi untuk melakukan water bombing.

"Kesimpulan, jumlah helikopter yang ada di Kalbar delapan buah (4 buah heli Bell, 3 buah heli Kamov, 1 heli Bolkow). Dua heli MI tambahan," ungkap Sutopo, Jumat (24/8).

Lebih lanjut Sutopo tidak memerinci berapa dana yang dikeluarkan untuk water bombing tersebut dalam sehari. "Kita hitungannya tidak harian," katanya.

Namun, Sutopo menjelaskan, untuk penanganan karhutla selama 2018, BNPB menganggarkan dana Rp 750 miliar. "Ini untuk seluruh Indonesia," tegasnya.

Menurut Sutopo, anggaran tersebut diambilkan dari dana siap pakai. Jika ternyata penggunaan tidak sampai Rp 750 miliar, maka akan dikembalikan ke kas negara. (boy/jpnn)


Penanganan karhutla selama 2018 BNPB menganggarkan dana Rp 750 miliar untuk seluruh Indonesia


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News