10 Investor Incar Shale Gas

10 Investor Incar Shale Gas
10 Investor Incar Shale Gas
JAKARTA - Kementerian ESDM mengungkapkan saat ini telah ada 10 investor mengincar investasi shale gas di Indonesia. Sebanyak 10 investor ini akan bekerjasama dengan 5 perguruan tinggi yang telah ditunjuk pemerintah yaitu ITB, UGM, UPN, Universitas Trisakti, dan Universitas Padjajaran.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo seperti dikutip dari situs Ditjen Migas di Jakarta , Jumat (23/9). "Sudah ada 10 perusahaan yang mengajukan joint study shale gas," papar Evita.

Shale gas adalah gas yang diperoleh dari serpihan batuan shale atau tempat terbentuknya gas bumi. Proses yang diperlukan untuk mengubah batuan shale menjadi gas membutuhkan waktu sekitar 5 tahun. Pemerintah saat ini tengah menyusun aturan hukum pengembangan shale gas.

Berdasarkan hasil identifikasi pemerintah, saat ini terdapat 7 cekungan di Indonesia yang mengandung shale gas dan 1 berbentuk klasafet formation. Cekungan terbanyak berada di Sumatera yaitu berjumlah 3 cekungan, seperti Baong Shale, Telisa Shale, dan Gumai Shale. Sedangkan di Pulau Jawa dan Kalimantan, shale gas masing-masing berada di 2 cekungan. Di Papua, berbentuk klasafet formation.

JAKARTA - Kementerian ESDM mengungkapkan saat ini telah ada 10 investor mengincar investasi shale gas di Indonesia. Sebanyak 10 investor ini akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News