10 Potensi Masalah Pemilu 2014 Versi LPI

10 Potensi Masalah Pemilu 2014 Versi LPI
10 Potensi Masalah Pemilu 2014 Versi LPI

jpnn.com - JAKARTA -- Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melansir setidaknya ada 10 potensi masalah Pemilu tahun 2014. Hal ini diungkap oleh Direktur LPI Boni Hargens di Gallery Cafe Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (9/2).

Pertama, Boni menyebut sosialisasi kandidat calon legislatif tidak optimal karena masih didominasi sosialisasi sosok atau figur. "Bukan sosialisasi ideologi dan program kerja yang akan dijalankan pada periode 2014-2019," tutur Boni.

Kedua, model kampanye partai politik (Parpol) masih bertumpu pada politik visual dengan menjual figur, bukan dengan menjual gagasan atau program konkrit untuk perubahan Indonesia pada periode pemerintahan mendatang.

"Ketiga, kecurigaan terhadap netralitas KPU sebagai penyelenggara pemilu masih menjadi beban berat bagi parpol dan masyarakat pemilih. Terutama setelah adanya wacana lembaga sandi negara (Lemsaneg) terlibat dalam pengawasan pemilu, meskipun kesepakatan itu sudah dibatalkan," terang dia.

Yang keempat, ada persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ternyata hingga saat ini belum diselesaikan oleh KPU. "Di sini ada kecurigaan munculnya kartu pemilih siluman atau surat suara siluman yang bermaksud menggembungkan suara partai atau figur tertentu," bebernya.

Kelima, persoalan dana saksi yang semula hendak didanai negara. Keenam yakni, mengenai kecurigaan terhadap aparat keamanan. "Yang dalam praktek membantu mengamankan surat suara hasil pencoblosan agar sampai ke tangan KPUD atau KPU pusat secara utuh sebagaimana perolehan asli di TPS," sebut Boni.

Selanjutnya ketujuh, Bawaslu yang tak bisa menarik jarak dari KPU dan cenderung menjadi bagian dari penyelenggara pemilu dianggap tidak netral sepenuhnya. Ini juga berpotensi menjadi salah satu permasalahan pemilu.

"Kedelapan, money politics atau politik uang dalam bentuk langsung maupun tidak langsung masih menjadi permasalahan dan hantu dalam pemilu 2014," paparnya.

JAKARTA -- Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melansir setidaknya ada 10 potensi masalah Pemilu tahun 2014. Hal ini diungkap oleh Direktur LPI Boni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News