11 Saksi Ringankan Mochtar Muhamad

11 Saksi Ringankan Mochtar Muhamad
11 Saksi Ringankan Mochtar Muhamad
BANDUNG – Keterangan saksi-saksi di Pengadilan Tipikor Bandung, kemarin terus meringankan terdakwa Mochtar Mohamad, Wali Kota Bekasi nonaktif. Bahkan, saksi yang disodorkan jaksa penuntut umum (JPU) yang dihadirkan untuk memberatkan terdakwa justru meringankannya. Itu terjadi dalam sidang mengegendakan keterangan saksi soal dugaan suap Adipura Kota Bekasi.

"Adipura Kota Bekasi hasil keringat warga dan Pemkot Bekasi,” kata Nandi Surjakandi, salah satu saksi dari JPU. Saksi JPU lainnya, Herry Lukmantohari tidak hadir dengan alasan sakit.

Keterangan ini berbeda dengan saksi dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) pada sidang pekan lalu. Berdasar keterangan Ratna dari tim pemantau Adipura, Kota Bekasi sebenarnya belum pantas mendapatkan Adipura pada 2010. Namun, Adipura akhirnya didapatkan Bekasi dengan cara perolehan nilainya di-upgrade.

"Nilainya dinaikkan dari 69 menjadi 71. Sebenarnya, secara fisik tidak memenuhi syarat dan tidak pantas mendapatkan Adipura, tapi menteri memintanya," terang Ratna pada sidang Senin (27/6) lalu.

BANDUNG – Keterangan saksi-saksi di Pengadilan Tipikor Bandung, kemarin terus meringankan terdakwa Mochtar Mohamad, Wali Kota Bekasi nonaktif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News