12 DOB Belum Ajukan PLT

12 DOB Belum Ajukan PLT
12 DOB Belum Ajukan PLT
JAKARTA--Hingga Rabu (20/8) Sore, usulan PLT untuk 12 DOB dari kepala daerah yang menaungi DOB belum diterima oleh Depdagri. Padahal, makin cepat diusulkan tentu akan lebih baik untk proses persiapan peresmian 12 DOB yang telah disahkan Undang-undangnya oleh DPR RI, akhir Juni lalu. ''Sebagian besar DOB belum mengajukan PLT,'' tegas Kapuspenkum Depdagri, Saut Situmorang..

jpnn.com - DOB yang lebih cepat mengajukan PLT ke Depdagri, aku Saut, memiliki peluang untuk diresmikan menjadi DOB pada tahap pertama. Yakni awal januari mendatang. ''Peresmian 12 DOB akan dilakukan dalam tiga tahap. Diawal tahun, pertengahan atau akhir tahun. Tergantung kesiapan masing-masing daerah,'' tegasnya.

Pria berdarah Batak ini menambahkan, PLT yang akan Ditetapkan Depdagri di 12 DOB, memiliki empat tugas pokok. Diantaranya, membentuk struktur organisasi perangkat daerah, mengawali penyelenggaraan pemerintah daerah sebagai daerah otonomi baru, memfasilitasi pembentukan DPRD di daerah otonomi baru, dan memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada sampai ada kepala daerah definitive.

Disamping empat tugas pokok tadi, PLT yang ditunjuk Depdagri juga harus memenuhi tiga kriteria. salah satunya, PLT tidak boleh mencalonkan diri sebagai kepala daerah pada tempat ia menjabat sebagai PLT. ''Aturan perundang-undangan menyatakan begitu. kalau PLT mencalonkan diri, KPUnya harus berani bersikap tegas,'' kata Saut.(aji/jpnn)





!-- @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } -->JAKARTA--Hingga Rabu (20/8) Sore, usulan PLT untuk 12 DOB dari kepala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News