12 Ribu Pohon HIjaukan Markas Polda Jateng

12 Ribu Pohon HIjaukan Markas Polda Jateng
Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel M.Si menanam Pohon Pule di Halaman Masjid At Taqwa Mapolda Jateng. Foto: Istimewa

jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 12 ribu pohon ditanam di seluruh lingkungan Polda Jawa Tengah. Aksi penghijauan itu diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui program Djarum Trees For Life.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Dr. H.Rycko Amelza Dahniel mengatakan, program penghijauan oleh BLDF itu untuk menunjukkan bagaimana elemen masyarakat yang berbeda bisa berkolaborasi untuk lingkungan yang lebih baik.

“Semoga nanti, lingkungan kami akan semakin hijau, asri, dan menjadi tempat yang nyaman bagi generasi yang akan datang,” kata Irjen Rycko usai seremoni penanaman pohon, baru-baru ini.

Selain menanam, BLDF bersama pengelola Mapolda Jateng juga bekerja sama dalam perawatan pohon-pohon tersebut hingga tiga tahun ke depan. “Selain melakukan penanaman, kami juga ingin belajar dari Djarum Foundation bagaimana kita menjaga lingkungan agar tetap hijau, pembibitan, penanaman dan perawatan pohon,” ujar Rycko.

Penanaman ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama antara Polda Jateng dengan BLDF tentang Penghijauan di Lingkungan Markas dan Asrama Polda Jateng yang sudah ditandatangani kedua pihak pada 19 November lalu.

“Ini merupakan salah satu wujud komitmen Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk terus melakukan pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Kami pun menyambut baik kesamaan visi dan misi dari Polda Jateng untuk sama-sama menjaga bumi demi terus terjaganya lingkungan hidup demi masa depan,” kata Vice President Director Djarum Foundation, usai prosesi penanaman.

Pemilihan Trembesi tak lepas dari efektivitas pohon berjuluk Ki Hujan atau Rain Tree ini yang sangat unggul dalam menyerap gas CO2. Satu pohon dewasa mampu menyerap 28,5 ton CO2 pertahun. Bentuk pohon seperti kanopi atau payung raksasa ini juga bisa menurunkan suhu udara hingga 4 derajat celcius di bawah kerindangannya. Tidak hanya menanam Trembesi atau Ki Hujan, BLDF juga akan menanam berbagai jenis pohon seperti pohon pohon Flamboyan, Pule, Tabebuia, Pohon Asem, Pohon Anggur Laut dan Bunga Kupu - Kupu.(mg7/jpnn)

Sebanyak 12 ribu pohon beragam jenis ditanam di seluruh lingkungan Polda Jawa Tengah.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News