13 Ribu Warga Sumut Alami Gangguan Jiwa

13 Ribu Warga Sumut Alami Gangguan Jiwa
13 Ribu Warga Sumut Alami Gangguan Jiwa

jpnn.com - MEDAN - Warga Sumatera Utara yang mengalami gangguang jiwa mengalami peningkatan jumlah dalam kurun waktu selama 2014. Hal ini terbukti dari  data pasien rawat jalan dan rawat inap di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Terutama peningkatan pada pasien yang menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
Berdasarkan data yang diperoleh, tahun 2014 sebanyak 13.015 pasien yang berkunjung di RSJ Daerah Provsu di Jalan Tali Air No 21 Medan. Dari jumlah 13.015 pasien yang berkunjung, ranciannya adalah 11.683 pasien dan rawat inap sebanyak 1.332 pasien.

Jumlah data tersebut memperlihatkan terdapat kenaikan jumlah pasien di banding tahun 2013, hanya 7.907 pasien saja, yakni total dari  7.313 pasien rawat jalan dan 594 pasien rawat inap. Artinya, terjadi peningkatan 100 persen.

Wadir Pelayanan RSJ Provsu, dr Dapot Parulian Gultom mengatakan, pasien rawat jalan terbanyak ada pada bulan Juni, yakni sebanyak 1.272 pasien. Sementara pasien rawat inap terbanyak ada di bulan November, yakni sebanyak 186 pasien.

"Di tahun 2013 pasien paling banyak menggunakan layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Askes, dan SKTM (surat keterangan tidak mampu). Nah, memasuki 2014 pemerintah mengesahkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui BPJS Kesehatan yang saat ini hampir seluruhnya pasien menggunakan kartu BPJS Kesehatan ini," katanya, Selasa (6/1) sembari menuturkan terdapat juga pasien umum namun datanya masih direkap.  
 
Sedangkan data pasien terbaru terhitung pada 1 Januari sampai 5 Januari 2015, lanjutnya, ada 380 pasien dengan gangguan jiwa yang sedang rawat inap, yakni pasien dengan BPJS Kesehatan, maupun pasien umum.

"Sementara untuk pasien rawat jalan di rumah sakit ini rata-rata sebanyak 60 pasien per harinya," sebut Dapot.
 
Dapot menuturkan, seluruh pasien mengisi 17 ruang rawat inap dengan 450 bed tempat tidur yang tersedia. Ruangan itu terdiri dari kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Di mana ruang rawat kelas 1 ada sebanyak 1 ruangan, ruang rawat kelas 2 sebanyak 4 ruangan, dan kelas 3 ruang rawatnya sebanyak 12 ruangan.
 
Dirut RSJ Provsu, dr Chandra Syafei SpOG mengatakan, dengan tingginya jumlah pasien, ia berencana membangun ruang rawat inap baru.

"Rencana pembangunan ruang rawat inap tersandung anggaran. Kita tak punya anggaran. Padahal, sejak 2013 kita sudah mengusulkannya. Nah, rencananya dianggaran tahun 2015 ini juga kita lampirkan lagi. Recana anggaran yang kita ajukan untuk tahun 2015 ini sebesar Rp16 miliar, dan itu untuk semua kebutuhan pelayanan kita," tandasnya.

Terpisah dokter ahli kejiwaan Dr.dr. Elmeida Effendy,M.Ked.K.J, Sp. KJ (K), yang juga Ketua Program Studi Ilmu Kedokteran Jiwa- FK USU menuturkan, faktor kasus gangguan jiwa berasal dari kasus psikotik maupun non psikotik.

MEDAN - Warga Sumatera Utara yang mengalami gangguang jiwa mengalami peningkatan jumlah dalam kurun waktu selama 2014. Hal ini terbukti dari 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News