JPNN.com

132 Pesawat dan 1600 Personel Terlibat dalam HUT TNI AU

Minggu, 09 April 2017 – 11:37 WIB 132 Pesawat dan 1600 Personel Terlibat dalam HUT TNI AU - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan HUT ke-71 TNI Angkatan Udara (AU) diwarnai dengan berbagai kegiatan di Taxi Way Echo, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, hari ini (9/4).

Puncak peringatan ‎dipimpin langsung inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Parade dan defile, demo udara dan demo darat yang melibatkan beberapa unsur kekuatan TNI AU seperti pesawat latih, pesawat helikopter, pesawat angkut, dan pesawat tempur, serta Paskhas TNI Angkatan Udara, semua keren.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya mengatakan, kegiatan demo udara dalam rangka HUT TNI AU melibatkan 132 pesawat dan personel lebih dari 1600 orang. "Jadi nantinya 132 pesawat hiasi langit Jakarta," ujar Jemi di lokasi, Minggu (9/4).

Kegiatan tersebut diawali dengan penerbangan banner, trike, dan paramotor dengan menggunakan dua pesawat T-41 Cessna dari Akademi TNI Angkatan Udara Yogyakarta, serta fly past dengan tiga Trike dan lima Paramotor yang kesemuanya diawaki oleh prajurit TNI Angkatan Udara. ‎Dan dilanjutkan dengan upacara militer.

Prajurit Korpaskhas juga melaksanakan demo pembebasan sandera (Basra) yang melibatkan 90 personel Satuan Detasemen Bravo (Satbravo'90) yang didukung dengan menggunakan dua helikopter SA-330/NAS-332.

Dalam acara itu, ditampilkan unjuk kebolehan dari personel penerbang TNI AU, sebanyak 13 pesawat latih Grob G-120TP yang diawaki oleh para instruktur penerbang dari Skadik 101 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta, yang melaksanakan Fly Past pembukaan dengan membentuk angka 71 sebagai tanda HUT TNI AU ke-71 dan dengan terbang pada ketinggian 500 feet.

Yang tidak kalah menariknya adalah penampilan Jupiters Aerobatic Team (JAT) yang diawaki para instruktur penerbang dari Skadik 102, dengan menggunakan enam pesawat KT-I Woong Bee para instruktur penerbang ini membuat tarian udara.

"Pesawat itu akan menghias langit Jakarta dengan 12 manuvernya," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...