140 Nelayan Beraksi, Lomba Perahu Layar Sukses Digelar di Manado

140 Nelayan Beraksi, Lomba Perahu Layar Sukses Digelar di Manado
Lomba Perahu Layar sukses digelar dengan meriah di Manado, Sulawesi Utara pada Minggu, 24 September 2023. Foto: Dok. Kemendikbudristek dan TNI AL

jpnn.com, MANADO - Lomba Perahu Layar sukses digelar dengan meriah di Manado, Sulawesi Utara pada Minggu, 24 September 2023.

Acara tersebut digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

Adapun Lomba Perahu Layar diadakan di Manado karena merupakan titik yang dahulu terbentuk akibat adanya Jalur Rempah.

Kepala Balai Pelestarian Sulawesi Utara, Sri Sugiharta mengatakan, secara historis, wilayah yang sekarang disebut sebagai Sulawesi Utara merupakan bagian dari Jalur Rempah pada masa lalu.

"Tentu saja, alat transportasi tradisional masyarakat Sulawesi masa silam adalah perahu layar. Dengan demikian, Lomba Perahu Layar ini salah satunya dapat digunakan sebagai sarana untuk membangkitkan kesadaran sejarah masyarakat sekarang dengan kejayaan nenek moyang," kata Sri Sugiharta dalam keterangan resmi, Minggu (24/9).

Mengangkat isu berkelanjutan, Lomba Perahu Layar dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong para nelayan agar kembali menggunakan layar sebagai alat penggerak kapal.

Adi Wicaksono, Kurator Program Muhibah Budaya Jalur Rempah 2023 menyebut, lomba tersebut berupaya membangkitkan pengetahuan soal kehidupan bahari yang tidak bisa dilepaskan dari Jalur Rempah.

Menurutnya, selama ini nelayan sudah banyak yang beralih ke mesin tempel dengan solar sebagai bahan bakar sehingga biaya untuk melaut cukup besar dan tidak ramah lingkungan.

Lomba Perahu Layar sukses digelar dengan meriah di Manado, Sulawesi Utara pada Minggu, 24 September 2023. Acara tersebut digelar oleh...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News