15 Bakal Calon Rektor ITS Sampaikan Visi - Misi

15 Bakal Calon Rektor ITS Sampaikan Visi - Misi
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 15 pendaftar bakal calon rektor (bacarek) telah menyampaikan paparan visi dan misi di Gedung Research Center kemarin (14/11). Hal itu merupakan salah satu tahapan sosialisasi proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kini warga ITS tinggal menentukan bacarek yang akan dipilih saat pemungutan suara (e-voting) pada 21-22 November. 

Pemaparan visi dan misi pendaftar bacarek dilakukan sejak Selasa (13/11) dan berakhir hari ini. Setiap hari ada lima bacarek yang mendapatkan kesempatan memaparkan visi dan misi di hadapan dosen, tenaga pendidikan (tendik), maupun mahasiswa. 

''Sebelumnya, 15 bacarek tersebut sudah berkampanye keliling fakultas atau departemen untuk mengenalkan diri,'' kata Prof I Gusti Putu Raka, anggota Majelis Wali Amanah (MWA) ITS. 

Gusti mengatakan, sejatinya pilrek ditentukan MWA. Namun, pihaknya ingin warga ITS berpartisipasi dalam pilrek. Salah satunya, untuk mengerucutkan para pendaftar bacarek yang telah lolos seleksi administrasi. ''Supaya ada demokrasinya. Warga ITS dilibatkan untuk pengerucutan pendaftar bacarek,'' ujarnya. 

Proses pengerucutan 15 pendaftar bacarek tersebut dilakukan melalui e-voting. Dari hasil itu, bakal dipilih lima bacarek. Kemudian, lima nama yang memiliki suara tertinggi akan masuk ke senat akademik (SA) ITS. ''Dari lima, SA akan memilih tiga calon rektor untuk diserahkan ke MWA,'' tuturnya. 

Setelah itu, seluruh anggota MWA akan menentukan rektor terpilih. Suara MWA serta menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi bakal menjadi penentu akhir. 

Sekretaris Pilrek ITS 2018 Dr Ayi Syaeful Bahri mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan agar warga ITS mengetahui para pendaftar bacarek. Jadi, warga ITS tidak hanya sekadar memilih bacarek karena satu departemen, tetapi visi dan misi yang disampaikan bacarek. (ayu/c20/dio) 


Namun, pihaknya ingin warga ITS berpartisipasi dalam pilrek. Salah satunya, untuk mengerucutkan para pendaftar bacarek yang telah lolos seleksi administrasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News