15 Rumah di Solsel Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

15 Rumah di Solsel Rusak Diterjang Angin Puting Beliung
Sebanyak 15 unit rumah dan fasilitas umum di Solok Selatan rusak berat diterjang angin puting beliung, Selasa (20/11). Foto: padangekspres/jpg

jpnn.com, SOLSEL - Sejumlah fasilitas umum dan 15 unit rumah di Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, Sumbar, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (20/11) sore.

"Dari pendataan awal kami pihak nagari, setidaknya ada sekitar 15 unit rumah warga, fasitas umum diterjang beliung. Pasar nagari, SMAN 11 Solsel dan dua unit rumah warga hampir rata diluluh lantakan beliung," ungkap Wali Nagari Sungai Kunyit Barat, Doni Putra seperti dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos group) hari ini.

Rincian sementara bangunan yang terdampak angin puting beliung, sekitar 11 unit rumah warga. Sebagian usai diterbangkan angin puting beliung, juga ada yang tertimpa pohon tumbang akibat tak kuat menahan kekuatan angin yang membuat banguna bergetaran.

Kemudian bangunan yang terdampak angin puting beliung, SMAN 11 Solsel, satu masjid, pasar nagari dan kantor wali nagari. Termasuk tiang listrik yang kemungkinan ada yang roboh, hingga kini listrik mengalami padam.

"Ini peristiwa dahsyat yang menimpa daerah kami pertama kalinya, saat ini kami pihak nagari masih menunggu data bangunan jika masih ada yang belum terdata atas peristiwa beliung ini," ungkapnya.

Peristiwa alam itu, katanya, terjadi selama 10 menit ketika hujan lebat mengguyur nagari di selingkaran Goa Batu Kapal (GBK) yang akan menjadi geopark nasional tersebut.

Disaat angin puting beliung melindas, rumah dan bangunan bergetaran dan atap berterbang ke bernagai arah. Warga saat kejadian berlangsung histeris, apalagi disusul tumbangnya pohon.

Dari pendataan lapangan pihak kenagarian sebut Doni, tidak ada warga yang terkena musibah sore hari ini. Tapi masyarakat yang terkena musibah, mengalami basah kuyup. Barang berharga di dalam rumah, juga belum dapat terselamatkan.

Sejumlah fasilitas umum dan 15 unit rumah di Nagari Sungai Kunyit Barat, Solsel, Sumbar, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (20/11) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News