17 Parpol Lolos jadi Peserta Pemilu 2024, Ini Pernyataan Dirjen Polpum Bahtiar

17 Parpol Lolos jadi Peserta Pemilu 2024, Ini Pernyataan Dirjen Polpum Bahtiar
Dirjen Politik & PUM Kemendagri Bahtiar mengucapkan selamat kepada 17 parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA - 17 Parpol Lolos jadi Peserta Pemilu 2024, Ini Pernyataan Dirjen Polpum Bahtiar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 17 partai politik lolos tahapan verifikasi faktual dan dinyatakan berhak menjadi peserta Pemilu 2024.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Politik & PUM) Kemendagri Bahtiar mengucapkan selamat kepada 17 parpol tersebut.

“Selamat kepada 17 parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Kita (Ditjen Polpum Kemendagri) juga ucapkan selamat kepada Pimpinan KPU Pusat dan seluruh jajaaran KPU provinsi, kabupaten/kota, jajaran Bawaslu dan DKPP yang kerja keras siang malam melayani seluruh parpol,” ujar Bahtiar dalam keterangannya, Kamis (15/12).

Bahtiar mengatakan, proses tahapan verifikasi vaktual yang berlangsung dengan lancar ini merupakan bukti integritas dari penyelenggara pemilu.

”Tahapan ini sangat sukses membuat kita optimis bahwa penyelenggara pemilu mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai konstitusi dan UU,” lanjut birokrat bergelar doktor itu.

Bahtiar lantas mengajak seluruh jajaran Pemda dan masyarakat untuk dapat mendukung penyelenggara pemilu.

“Penyelenggaraan pemilu adalah kesuksesan bangsa dan negara Indonesia yang memilih sistem demokrasi dalam proses rekrutmen pemimpin negara di tingkat nasional maupun daerah. Semua kita berkewajiban mengawal proses demokrasi ini,” tambahnya.

KPU telah menetapkan 17 partai politik atau parpol peserta Pemilu 2024. Begini komentar Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News