2 Pesawat Tempur Musuh Serang Konvoi Kogaslagab di Laut Bali, Ada Aksi Balasan, Satu Jet Meledak

2 Pesawat Tempur Musuh Serang Konvoi Kogaslagab di Laut Bali, Ada Aksi Balasan, Satu Jet Meledak
Radar udara KRI R.E. Martadinata (KRI REM-331) melaksanakan penembakan 2 missile ke pesawat tempur musuh – ILUSTRASI. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, BALI - Radar udara KRI R.E. Martadinata (KRI REM-331) yang sedang melaksanakan jaga radar tiba-tiba mendeteksi dua kontak udara yang bergerak dengan kecepatan tinggi ke arah konvoi.

KRI REM pun segera melaksanakan interogasi menggunakan IFF akan tetapi tidak direspons. Situasi ini segera dilaporkan oleh Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Lukman Kharis selaku Anti Air Warfare Commander (AAWC) kepada Pangkogaslagab Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo.

Pangkogaslagab selanjutnya memerintahkan semua unsur Kogaslagab yaitu KRI R.E. Martadinata, KRI Diponegoro, KRI Yos Sudarso, KRI Ahmad Yani, KRI Kakap, KRI Karang Pilang, KRI Sungai Gerong, KRI Makassar dan KRI Nagapasa untuk meningkatkan derajat ancaman bahaya udara dan melaksanakan Anti Ship Missile Defense.

Kedua pesawat tempur musuh bergerak makin mendekat dan memasuki coverage Surface to Air Missile (SAM) VL-MICA milik KRI REM-331, maka dilaksanakan penembakkan 2 missile ke sasaran. Satu Jet Fighter musuh terlihat meledak di udara, namun 1 Jet lainnya berhasil menghindar dan bergerak menyerang KRI REM-331 dengan menembakkan satu buah rudal yang dapat dihancurkan oleh CIWS Millenium Gun 35 mm.

Selanjutnya 2 SAM VL MICA ditembakkan kembali oleh KRI REM dan berhasil mengenai sasaran jet tempur musuh yang hancur.

“Kejadian tersebut merupakan salah satu bagian dari skenario latihan Kogaslagab TA 2020, yang bertujuan untuk melatih kerja sama taktis antar kapal permukaan, serta kerja sama antara kapal permukaan dan Pesud TNI AU sesuai perintah Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto selaku Dirlat Latopslagab 2020,” terang Pangkogaslagab, Laksma Rahmat Eko.

Untuk diketahui, sebagai salah satu upaya dalam menjamin terjaganya kedaulatan NKRI di perairan yurisdiksi nasional, Koarmada II menggelar manuver lapangan Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab TA 2020) di perairan Laut Jawa dan Laut Bali yang melibatkan 1.137 personel gabungan.(fri/jpnn)


Simak! Video Pilihan Redaksi:

Radar udara KRI R.E. Martadinata (KRI REM-331) yang sedang melaksanakan jaga radar tiba-tiba mendeteksi dua kontak udara yang bergerak dengan kecepatan tinggi ke arah konvoi.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News