2010, Gaji Guru Naik 100 Persen

2010, Gaji Guru Naik 100 Persen
2010, Gaji Guru Naik 100 Persen
JAKARTA—Pemerintah tampaknya benar-benar memperhatikan nasib guru. Pelan namun pasti, aparat negara yang selama ini punya predikat 'pahlawan tanpa tanda jasa' itu tingkat kesejahteraannya bakal terus meningkat. Pemerintah pada 2010 mendatang berencanan menaikkan gaji guru dan dosen sebesar 100 persen. Kenaikan ini jauh lebih tinggi dibanding PNS lainnya.

Hanya saja, menurut Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Ramli Naibaho, kenaikan tersebut hanya diberikan pada guru maupun dosen yang sudah memenuhi persyaratan, salah satunya sudah memenuhi syarat sertifikasi.

“Yang menerima kenaikan gaji 100 persen hanya bersertifikasi. Kenaikan 100 persen ini dihitung dari pemberian tunjangan profesi yang besarnya satu bulan gaji pokok,” kata Ramli yang dihubungi JPNN, Senin (15/6).

Selain itu, kenaikan gaji 100 persen dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara. Jumlah kuota guru bersertifikasi yang ditetapkan oleh Depdiknas, juga dijadikan pertimbangan karena menyangkut dana yang bakal dikeluarkan negara. “Artinya kalau tahun ini ada 10 persen dari total guru dan dosen yang mendapatkan sertifikasi, mereka itu yang lebih dulu menikmati gaji 100 persen, begitu seterusnya,” tuturnya.

JAKARTA—Pemerintah tampaknya benar-benar memperhatikan nasib guru. Pelan namun pasti, aparat negara yang selama ini punya predikat 'pahlawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News