Jumat, 19 Juli 2019 – 22:08 WIB

2010, Jembatan Batam-Bintan Dibangun

Kamis, 12 November 2009 – 12:08 WIB
2010, Jembatan Batam-Bintan Dibangun - JPNN.COM

BATAM- Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah memastikan pembangunan jebatan yang menghubungkan Batam-Bintan (Babin) dengan panjang 6,7 KM ini akan dimulai pada awal tahun 2010 mendatang. 

"Semua bahan-bahan masih di Bappenas, dan dari rapat-rapat sebelumnya tidak ada kendala yang berarti," kata Ismeth saat ditemui di Graha Kepri.

Ditambahkan, rencana pembangunan ini sudah mendapatkan sinyal-sinyal dukungan dari pemerintah China. Sebab, kata dia, pembangunan Jembatan Babin ini akan kerja sama secara goverment to goverment (G to G), antara pemerintah Indonesia dengan China.

Teknisnya, pemerintah China akan memberikan soft loan kepada Indonesia untuk membangun jembatan yang ditaksir akan menelan biaya sekiar Rp4 triliun itu.

"Seperti jembatan Suramadu, jembatan ini dikerjasamakan dengan negara asing atau G to G,"  katanya.

Meski demikian, beberapa calon investor yang selama ini melirik mega proyek tersebut, tidak serta merta dinyatakan gugur. "Mereka masih tetap bisa ikut tender," ujar Ismeth.

Namun Ismeth belum dapat memastikan, kapan proyek pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Batam dan Kabupaten Bintan ini akan dimulai. Sebab, rencana ini masih membutuhkan koordinasi dengan beberapa departemen teknis. Seperti Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Perhubungan, Bappenas, dan beberapa BUMN.

"Karena menterinya baru ganti, jadi pembahasannya sedikit tertunda," tandasnya.

Jika pembangunan jembatan Batam-Bintan ini terwujud, maka dipastikan akan menjadi jembatan terpanjang yang ada di Indonesia. Saat ini, rekor jembatan terpanjang di Indonesia masih dipegang Jembatan Suramadu yang memiliki panjang 5.438 m, terbagi atas jembatan pendekat (Causeway) sisi Surabaya 1.458 m, Causeway sisi Madura 1.818 m, bentang tengah 2.162 m terdiri dari dua Approach Bridge masing-masing 672 m dan Main Bridge 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km.

Sebelumnya, rekor jembatan terpanjang dengan desain konstruksi modern dipegang Jembatan Barito yang terletak di Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Jembatan dengan panjang 1,08 KM ini menjadi sarana penghubung untuk masyarakat Kalimantan Selatan yang akan melintas menuju Kalimantan Tengah.(a/fuz/JPNN)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar