2010, PNPM di 6.328 Kecamatan

2010, PNPM di 6.328 Kecamatan
2010, PNPM di 6.328 Kecamatan
JAKARTA -- Hingga tahun 2009, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) baik untuk perdesaan, perkotaan, dan program sejenis lainnya, dinilai sudah berhasil. Untuk itu, pada tahun 2010 mendatang, program ini akan ditingkatkan pelaksanaannya dengan menjangkau 6.328 kecamatan di seluruh Indonesia. Mendagri Mardiyanto menjelaskan, keberhasilan program ini akan sangat ditentukan oleh dukungan dari pemerintah desa dan kelurahan.

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya minta kepada saudara untuk mendukung program ini," ujar Mendagri Mardiyanto saat memberikan arahan di acara temu karya nasional para juara lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi dan nasional tahun 2009, di Jakarta, Sabtu (15/8). Acara dihadiri 289 orang yang terdiri dari kepala desa, lurah dan camat, yang ikut lomba tahunan itu.

Lebih lanjut mantan Pangdam Diponegoro itu menjelaskan, khusus untuk PNPM Mandiri perdesaan yang leading sector-nya adalah Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa (Ditjen PMD) Depdagri, pada tahun 2009 ini sudah menjangkau seluruh desa yang tersebar di 4.371 kecamatan dan 372 kabupaten di 32 provinsi. Dan untuk 2010 akan meningkat menjadi 4.804 kecamatan.

Mardiyanto mengatakan, peningkatan PNPM itu diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta bisa membebaskan masyarakat dari lingkaran kemiskinan dan ketidakberdayaan. Menurutnya, angka kemiskinan dan pengangguran sesungguhnya sudah bisa ditekan. Hanya saja, kerja keras harus terus dilakukan untuk menekan laju kemiskinan dan pengangguran itu.

JAKARTA -- Hingga tahun 2009, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) baik untuk perdesaan, perkotaan, dan program sejenis lainnya, dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News